BPBD


Kota Padang

Home / Pentingnya Koordinasi Semua Pihak Dalam Penanggulangan Bencana

Berita

Pentingnya Koordinasi Semua Pihak Dalam Penanggulangan Bencana

18 Oct 2019

222 x dilihat

Admin

Padang, InfoPublik - Komandan Kodim 0312/Padang Kolonel (Arah) Nova Mahanes Yudha, Kamis (17/10/2019), mengadakan "coffe morning" dengan insan kebencanaan Kota Padang di Aula Kodim 0312/Padang.

Kegiatan ini sekaligus dalam rangka silaturahmi serta menyatukan visi misi sebagai komitmen bersama menciptakan masyarakat cerdas bencana di Kota Padang.

Diperlukan koordinasi semua pihak dalam menanggulangi bencana, baik itu sebelum bencana, saat bencana, maupun pasca bencana.

"Masyarakat harus diedukasi agar mengerti langkah-langkah yang harus dilakukan kalau seandainya bencana itu memang terjadi, sehingga dapat meminimalisir risiko kerusakan maupun jatuhnya korban," ujar Dandim.

Sementara, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Padang Edi Hasymi mengatakan pentingnya kegiatan seperti ini dalam menjalin komunikasi antar seluruh komponen.

"Semua unsur memiliki peran masing-masing dalam penanggulangan bencana, mulai dari mitigasi, evakuasi maupun perawatan korban. Untuk itu koordinasi sangat dibutuhkan. Koordinasi akan berjalan lancar jika saling terjalin komunikasi yang baik," ujar Kalaksa.

Selain itu, BPBD hingga saat ini telah melaksanakan edukasi dan sosialisasi sebagai bentuk upaya membentuk masyarakat yang cerdas bencana.

Sosialisasi juga dilakukan hingga ke sekolah-sekolah, khususnya sekolah yang berada di zona merah (dekat dengan bibir pantai).

Di Kota Padang terdapat 482 sekolah yang berada di zona merah dan 150 diantaranya telah diberikan sosialisasi oleh BPBD.(MC Padang /RA/toeb).

sumber: http://infopublik.id/kategori/nusantara/380709/pentingnya-koordinasi-semua-pihak-dalam-penanggulangan-bencana

Bagikan :