BPBD


Kota Padang

Home / Kalaksa BPBD Kota Padang Melakukan Monitoring Pelaksanaan SPAB

Berita

Kalaksa BPBD Kota Padang Melakukan Monitoring Pelaksanaan SPAB

14 Jun 2024

57 x dilihat

Admin

Padang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang mengadakan kegiatan  Pembekalan dan Pengawasan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) sebagai upaya tanggap bencana lingkungan di sekolah di SMPN 25 Padang.
 
Bertempat di Aula SMPN 25 Padang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, dan di ikuti oleh Kepala Sekolah, Guru, Staff Karyawan serta perwakilan dari Siswa mengikuti kegiatan tersebut. kegiatan ini akan dilakukan secara estafet melalui beberapa tahap selama beberapa minggu kedepan.

Menurut Kalaksa BPBD Kota Padang Hendri Zulviton "Penyelenggaraan program SPAB di SMPN 25 Padang, juga merupakan implementasi dari Peraturan Kepala BNPB nomor 4 tahun 2012 tentang Pedoman Penerapan Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana yang kemudian ditindaklanjuti oleh Permendikbud Nomor 33 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana dengan tujuan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) adalah Satuan Pendidikan (SP) yang menerapkan standar sarana dan prasarana serta budaya yang mampu melindungi warga SP dan lingkungan di sekitarnya dari bahaya bencana".

Satuan Pendidikan Aman Bencana yaitu Fasilitas Sekolah Aman, Manajemen Bencana di Sekolah dan Pendidikan Pencegahan dan Pengurangan Risiko Bencana.

Ada pun terkait tiga pilar utama Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) tersebut terkait dengan Perawatan gedung, Mitigasi non-struktural, Keselamatan terhadap kebakaran, Rencana kesiapsiagaan bencana di tingkat keluarga, Rencana reunifikasi keluarga, Latihan (Simulasi) sekolah, Pendidikan akan keamanan struktural; selanjutnya Konstruksi sebagai peluang pendidikan, Analisis sektor pendidikan,  Kajian risiko multi bahaya dan Kajian dan perencanaan yang berpusat pada anak.

Hal ini dilakukan sebagai upaya menyiapkan sumber daya manusia untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan pada saat sebelum dan setelah terjadi bencana yang dimulai dari tingkat sekolah.

Menurut Kalaksa BPBD Kota Padang, Kegiatan Sekolah Cerdas Bencana (SCB) atau Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) pada tahun 2018 sudah dilakukan pendampingan kepada 49 sekolah (41 SD, dan 8 SMP), tahun 2019 pendampingan 56 sekolah (47 SD dan 9 SMP), pada tahun 2020 sudah dilakukan pendampingan pada 75 sekolah, dan di tahun 2024 BPBD melakukan SPAB pada 30 Sekolah yang berada di zona merah di Kota Padang dengan total keseluruhan 636 Sekolah yang sudah mendapatkan SCB atau SPAB

Bagikan :