BPBD


Kota Padang

Home / BPBD Kota Padang mengadakan Uji Rencana Kontijensi Bencana Tsunami

Berita

BPBD Kota Padang mengadakan Uji Rencana Kontijensi Bencana Tsunami

12 Nov 2019

563 x dilihat

Admin

Padang, Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang Edy Hasymi mengatakan perencanaan kontijensi merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam tahap kesiapsiagaan dan kegiatan ini diperlukan sebagai langkah kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana termasuk kesiapan masyarakat.

 “Dengan peningkatan upaya kesiapsiagaan melalui penyusunan rencana kontijensi, diupayakan untuk dapat mengurangi ketidakpastian dampak bencana melalui pengembangan skenario dan asumsi-asumsi proyeksi skenario dan asumsi-asumsi proyeksi kebutuhan untuk tanggap darurat,” jelasnya dalam kegiatan Penyusunan yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang.

 

Dikatakannya partisipasi dalam penyusunan Rencana Kontijensi ini merupakan kegiatan yang sangat baik karena  Kota Padang mempunyai ancaman bencana tsunami sehingga kesiapsiagaan perlu dibangun. Diharapkan bencana tsunami tidak terjadi, namun jika sampai terjadi, risiko yang ada bisa diminimalisasi.

 

“Dengan didampingi oleh para narasumber, fasilitor nasional, fasilitator daerah saya harapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan kita siap untuk melakukan uji lapang.” ungkapnya.

 

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemaparan dari beberapa narasumber serta diskusi, salah satu narasumber tersebut adalah Novi Kumala Sari yang merupakan fasilitator nasional Renkon BNPB Pusat serta Daryono dari BMKG .

 

Selain itu menurut Edy Hasymi menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang rencana penyelenggaraan Uji Lapang Rencana Kontijensi (Renkon) Tsunami serta sebagai Pedoman dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan Uji Renkon Tsunami di  Kota Padang.

 

Sedangkan menurut Henry selaku Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan yang juga selaku Ketua Panitia menjelaskan adapun latar belakang kegiatan ini yakni untuk mempersiapkan dengan sebaik-baiknya pelaksanaan uji rencana kontijensi ancaman bencana tsunami  Kota Padang tahun 2019.

 

“uji rencana kontijensi ancaman bencana tsunami  Kota Padang merupakan salah satu metode latihan yang dilaksanakan oleh seluruh unsur pelaku sesuai dengan bidang tugasnya dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilannya. Disamping itu juga sebagai metode untuk menguji kemampuan instansi yang dilaksanakan di daerah bencana yang mendekati situasi dan kondisi sebenarnya,” jelasnya.

 

“Kegiatan penyusunan rencana kontijensi ini juga merupakan strategi pencegahan bencana, dimana sesuai UU No.24/tahun 20017, tentang Penanggulangan Bencana, penyelenggaraan penanggulangan bencana harus mengimplementasikan tahapannya dari berbagai aspek, meliputi penetapan kebijakan pembangunan yang berisiko timbulnya bencana, kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat dan rehabilitasi Untuk kegiatan hari ini akan diselenggarakan selama 4 hari dari tanggal 12 sampai 15 November 2019 di Rocky Hotel.” imbuhnya.

 

Selain Asisten I Kota Padang dan Kepala BPBD Kota Padang Hadir dalam kegiatan tersebut Dari TNI, POLRI, OPD terkait, Tagana, PMI, Pramuka Peduli, dan insan kebencanaan lainnya

Bagikan :