BPBD


Kota Padang

Home / BPBD Kota Padang Mengadakan Kegiatan Jitupasna Untuk OPD dan Staff BPBD Kota Padang

Berita

BPBD Kota Padang Mengadakan Kegiatan Jitupasna Untuk OPD dan Staff BPBD Kota Padang

10 Jun 2024

38 x dilihat

Admin

Padang, PJ Walikota Padang Andree. Algamar., membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitupasna) dan Rencana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana (R3PB) Kota Padang di Hotel Pangeran Beach, Senin (10/6) 

Saat membacakan Sambutan PJ Walikota Padang Dr. H. Andree Algamar, S.H, M. Si  M. Han menyampaikan sangat mengapresiasi terlaksananya bimtek ini.

“Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada para instruktur, tamu undangan dan peserta yang telah hadir serta berpartisipasi dalam kegiatan ini. Tentunya kehadiran dan kontribusinya sangat berarti dalam upaya peningkatan kapasitas dan penanganan bencana di Kota Padang” kata PJ Walikota Padang

PJ Walikota Pasang melanjutkan, Bimtek ini tidak hanya menjadi ajang untuk meningkatkan pengetahuan teknis, tetapi juga untuk memperkuat koordinasi dan sinergi antar instansi terkait.

“Oleh sebab itu, Saya mengharapkan agar seluruh peserta dapat aktif berpartisipasi, bertukar pengalaman, serta menjalin jaringan kerja sama yang solid demi tercapainya tujuan bersama dalam menghadapi bencana,” ucap PJ Walikota Padang

Selain itu tambahnya, penyusunan dokumen JITUPASNA dan R3PB juga memiliki peranan yang sangat strategis. Dokumen ini akan menjadi panduan dalam merumuskan kebijakan, program, dan langkah-langkah konkret dalam menangani bencana serta memulihkan kondisi pasca bencana.

“Oleh karena itu, saya mengajak tim penyusun untuk bekerja dengan sungguh-sungguh, menggali data dan informasi yang akurat, serta menyusun strategi yang komprehensif guna mencapai hasil yang optimal,” ujar PJ Walikota Padang

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang Hendri Zulviton yang di dampingi Kabid Rehab Rekon Basril menyampaikan, tujuan dari Bimtek ini adalah dalam rangka penguatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kita tahu bahwa bencana bukan urusan kita sendiri, akan tetapi bencana urusan kita bersama, dalam hal ini mulai dari Kota Padang kemudian diatasnya secara regional BPBD Provinsi Sumatera Barat, selanjutnya secara nasional juga tanggungjawabnya BPBD secara Nasional,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bimtek ini dilaksanakan mulai hari ini tanggal 10 sampai dengan 12 Juni 2024, yang diikuti kurang lebih 30 peserta dari masing-masing OPD dan Staf pada BPBD Kota Padang.

Dalam kesempatan ini hadir juga Kabid Kedaruratan dan Logistik, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang dan peserta perwakilan dari masing-masing OPD dan tamu undangan

Bagikan :