BPBD


Kota Padang

Home / BPBD Kota Padang Mendapatkan Armada Dapur Umum Dari BNPB

Berita

BPBD Kota Padang Mendapatkan Armada Dapur Umum Dari BNPB

01 Jul 2024

67 x dilihat

Admin

Padang  Pemerintah Kota Padang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang menerima bantuan satu unit mobil dapur umum lapangan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Bantuan ini diharapkan dapat memperkuat kesiapsiagaan Kota Padang dalam menghadapi bencana.

Pj Wali Kota Padang, Andree Algamar, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada BNPB atas bantuan mobil dapur umum ini.

"Mobil ini cukup mampu memenuhi kebutuhan makanan para pengungsi usai terjadi bencana," ujar Andree di Rumah Dinas Wali Kota Padang, Minggu (30/6/2024) malam.

Mobil dapur umum ini memiliki kapasitas memasak hingga 1.000 bungkus nasi setiap beberapa jam.

Bantuan ini akan dimanfaatkan oleh Pemko Padang untuk memberikan bantuan logistik yang lebih cepat dan praktis bagi para korban bencana.

Andree menjelaskan bahwa mobil ini akan dioperasikan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Padang setelah mengikuti pelatihan dan mendapatkan bekal keterampilan memasak menggunakan sarana mobil dapur umum.

"Dengan keterampilan yang baik, maka secara otomatis sarana mobil dapur umum juga dapat terjaga dan terawat dengan baik," tutur Andree.

Dalam kesempatan itu PJ Walikota Padang sempat juga mencoba armada Dapur Umum untuk BPBD Kota Padang

Sedangkan menurut Hendri Zulviton Kalaksa BPBD Kota Padang menambahkan bahwa mobil dapur umum ini dilengkapi dengan berbagai peralatan seperti kompor dengan delapan tungku, genset, wastafel, ember, panci besar, kuali, dan tenda.

Bantuan mobil dapur umum ini merupakan bukti komitmen BNPB dan Pemko Padang dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana di Kota Padang.

"Dengan adanya bantuan ini, diharapkan penanganan pascabencana di Kota Padang dapat lebih efektif dan efisien," pungkasnya.

Bagikan :