A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: opendir(/var/cpanel/php/sessions/ea-php72): failed to open dir: Permission denied

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 358

Backtrace:

File: /home/bpbdpadanggo/public_html/application/controllers/Publikasi.php
Line: 4
Function: __construct

File: /home/bpbdpadanggo/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/bpbdpadanggo/public_html/system/core/Exceptions.php:271)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 143

Backtrace:

File: /home/bpbdpadanggo/public_html/application/controllers/Publikasi.php
Line: 4
Function: __construct

File: /home/bpbdpadanggo/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

BPBD Kota Padang

BPBD


Kota Padang

Home / BPBD Kota Padang melaksanakan 71 Indikator Penilaian Ketahanan Pangan Daerah Kota Padang

Berita

BPBD Kota Padang melaksanakan 71 Indikator Penilaian Ketahanan Pangan Daerah Kota Padang

07 Sep 2021

80 x dilihat

Admin

Padang, Pada hari Selasa 7 September 2021 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang mengadakan kegiatan Penilaian Indek Ketahanan Daerah ( IKD ) Kota Padang Bersama OPD yang di buka oleh Barlius Kalaksa BPBD Kota Padang

IKD adalah instrumen untuk mengukur kapasitas daerah dengan asumsi bahwa bahaya atau ancaman bencana dan kerentanan di daerah tersebut kondisinya tetap. Dari IKD maka setiap kab / kota mampu mengetahui apa saja upaya yang sudah dilakukan dan langkah tindak lanjut yang perlu dilakukan untuk menurunkan risiko.

Dari kegiatan penilaian IKD ini, diharapkan OPD yang berkaitan dengan risiko tinggi dan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi mengetahui kapasitas dirinya dan mampu menentukan upaya-upaya yang perlu dilakukan dalam rangka menurunkan IRBI (Indek Risiko Bencana Indonesia )

Berdasarkan Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI) yang dikeluarkan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Kota Padang berada di urutan ke-97 dari 514,skor 169,95  kabupaten/kota se Indonesia dengan skor 169.95 dan yang memiliki kategori bencana alam risiko tinggi.

Kota Padang menjadi daerah yang geografisnya multi ancaman terjadinya bencana alam, untuk itu diperlukan perubahan perilaku dari para warganya menuju budaya aman bencana. Acara dilanjutkan dengan penilaian IKD secara mandiri oleh masing-masing OPD di Kota Padang kab/kota, dibimbing oleh Henry Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Padang

Menurut Henry Selaku Pembimbing berharap kalau seandainya ada ferivikasi dari IKD ini dari OPD maka akan di lakukan Pengkajian kembali OPD tersebut.

Dan kita berharap OPD mampu menentukan upaya-upaya yang perlu dilakukan dalam rangka menurunkan IRBI. Pada gilirannya, IKD yang menjadi salah satu unsur dalam KRB dapat menjadi rekomendasi kebijakan penanggulangan bencana di suatu daerah. Dengan penurunan IRBI, adanya KRB dan kebijakan penanggulangan bencana, maka kita berharap  terwujud Kota Padang yang tangguh menghadapi bencana

 
Bagikan :